Info Lengkap Ikan Arwana Super Red



Da Pa 2 -  Sudah tidak asing lagikan dengan jenis ikan arwana satu ini. Ikan arwana super red memiliki nama latin Scleropages formosus memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Masyarakat Kawasan Asian Tenggara lebih mengenal ikan ini dengan nama “Siuk Naga”.

Nama ini diambil dari bentuk tubuh ikan menyerupai naga yang merupakan legenda hewan purba yang dipercayai ada oleh orang Asia dan Eropa.

Ada sekitar 15 jenis ikan arwana yang ada diseluruh dunia. Tetapi di artikel kali ini kami akan membahas tentang ikan arwana asli Indonesia yang sedang banyak dicari orang dan memiliki harga mahal, yaitu ikan arwana golden red. Harga ikan arwana super red tergantung ukuran dan corak warna serta kemulusan tubuh ikan.

Ikan Arwana Super Red adalah salah satu jenis ikan arwana endemic yang berasal dari Sungai Kapuas dan Sentarum Kalimantan Barat, Indonesia. Ikan yang terkenal dengan warna merah merona yang khas ini memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

Ikan arwana super red sudah mulai susah ditemukan di habitat aslinya. Hal ini dikarenakan masyarakat setempat mulai berburu ikan ini untuk di jual kepada pengkolektor ikan hias dan buka lagi sebagai ikan konsumsi, selain itu juga habitat ikan arwan super red mulai rusak karena eksploitasi alam.

Kelangkaan ini membuat para pecinta ikan arwana super red mulai mebudidayakan ikan ini secara masal. Berikut daftar harga ikan arwana super red dan cara memilih ikan arwana super red berkualitas.

1. Harga Ikan Arwana Super Red

Budidaya ikan arwana super red memang sedang berkembang pesat di Indonesia, karena banyak pembudidaya yang sukses dengan bisnis ini.

Bagaimana tidak, seorang bembudidaya ikan arwana super red bisa meraih keuntungan sekitar 30 – 100 Juta rupiah dalam sebulan, menggiurkan bukan. Berikut daftar harga ikan arwana super red berbagai ukuran dan cara memilih anakan yang berkualitas.

2. Ikan Arwana Super Red Berkualitas

Menurut para pembudidaya dan pengkolektor ikan arwana super red, ada 6 trik jitu mencari anakan ikan arwana super red berkualitas tinggi. Berikut cara memilih ikan arwana super red berkualias tinggi yang dapat kita lihat dari bentuk tubuh ikan dari kepala hingga ekor.

Warna Ikan Arwanan Super Red Berkualitas

Cara ini paling penting bagi pemula yang ingin memelihara ikan arwana super red dari anakan. Pada saat masih anakan, ikan arwana akan memiliki warna yang hampir sama yaitu silver dan kuning. Tetapi pada anakan arwana super red akan memilki waran sirip ping dan tubuh merah kesilveran.

Selain itu, pada sisik bagian punggung ikan arwana super red akan berwarna merah merona yang membuatnya semakin cantik. Sara saya jika anda masih pemula maka belilah anakan ikan arwana super red yang sudah memiliki ukuran panjang 10-15 cm.

Ini akan menghindari kita tertipu oleh penjual ikan arwana dan anakan ikan arwana super red sudah tidak rawan akan kematian.

Ekor Ikan Arwanan Super Red Berkualitas

Ikan arwana super red akan terlihat anggun ketika sedang berenang. Jika sirip ekor tidak normal maka akan membuat ikan arwana super red kurang menarik pada saat bergerak. Carilah anakan ikan arwana super red dengan ekor yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Pilih anakan ikan arwana dengan sirip ekor lebar dan terlihat mekar. Jangan memilih anakan ikan arwana super red yang memilki ekor lemas, karena akan sangat mempengaruhi ketika berenang pada saat dewasa nanti.

Kepala Ikan Arwanan Super Red Berkualitas

Cara memilih anakan ikan arwana super red selanjutnya adalah dengan melihat bentuk kepalanya. Bentuk kepala ikan arwana super red berkualitas tinggi adalah kepala yang memilki sedikit cekungan dan tidak telalu rata dengan tubuh, atau dalam bahasa pecinta ikan arwana disebut (Spoon Head).

Biasanya ikan arwana super red berharga mahal memiliki ciri-ciri kepala seperti ini. Tetapi ini kembali kepada si pemilik, karena memang selera orang berbeda-beda.

Bibir Ikan Arwanan Super Red Berkualitas

Jangan anggap remeh bentuk bibir ikan arwana super red, karena bibir ikan arwana sangat mempengaruhi harga, kecantikan dan pada saat pemijhan telur nanti.

Ya, ikan arwana akan menyimpa anaknya pada rongga mulut sampai usia 1 bulan. Carilah anakan ikan arwana super red  yang memiliki bentuk bibir bawah dan atas yang proposional, jangan sampai ada celah sedikitpun pada mulut ikan.

Sirip Ikan Arwanan Super Red Berkualitas

Sirip ikan arwana sangatlah penting, sama halnya dengan ikan pada umumnya yang digunakan untuk berenang. Carilah ikan arwana dengan bentuk sirip yang melengkung panjang dan rapih.

Jangan sampai memilh anakan ikan arwana super red yang memilki kelainan pada sirip seperti bentuknya yang tidak rata, panjang sebelah, dan sirip berlubang. Ini sangat penting karena sangat mempengaruhi harga ikan arwana super red pada saat dewasa nanti.

Mata Ikan Arwanan Super Red Berkualitas

Carilah anakan ikan arwanan super red dengan mata yang ideal. Yaitu mata ikan arwana yang bersih, jernih berwarna hitam dan merah. Yang terpenting dan tidak diketahui banyak pemula pemelihara ikan arwana super red adalah ikan arwana yang mereka pelihara berkelainan (mata turun).

Mata turun adalah keadaan dimana mata ikan arwana tidak normal dan mata menghadap agak kebawah dan bukan menyamping. Masalah ini bisa diatasi dengan operasi kecil, tetapi ini membuat harga ikan arwana super red turun dan kurang elegan.

Itulah daftar harga ikan arwana super red anakan dan dewasanya. Harga yang saya ambil dari para pembudidaya ikan arwana super red dan toko online. Semoaga artikel ini bisa bermafaat bagi anda yang akan membeli dan mecari anakan ikan arwana super red untuk dijadikan sebagia pengisi aquarium di rumah.


Comments

Popular posts from this blog

Pertamina Gelar Uji Emisi Gratis Bagi Pelanggan SPBU, Begini Cara Ikutnya

Resep Es Krim Goreng Bisa Kamu Bikin Bebas Repot

Info Lengkap Harga Kepiting